Catatan: Suksesi

Apa itu suksesi? Menurut KBBI suksesi adalah proses pergantian kepemimpinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tapi catatan kali ini, tidak berhubungan dengan politik dan pergantian kepimpinan. Suksesi yang dimaksud disini adalah suksesi ekologi.

Perubahan alam akan terus terjadi dalam kehidupan (sumber ilustrasi: youtube.com)

Suksesi adalah peristiwa terjadinya ekosistem di suatu habitat yang sebelumnya tidak pernah ada ekosistem.  Ada dua jenis suksesi, suksesi primer dan suksesi sekunder.

Suksesi Primer (sumber: britannica.com)

 

Suksesi primer itu dari tidak ada menjadi ada. Maksudnya daerah yang tak ada kehidupan (daerah yang tidak mampu menopang kehidupan) akibat faktor-faktor seperti aliran lava, bukit pasir yang baru terbentuk, atau batu yang tersisa dari gletser menjadi daerah yang ada kehidupan. Diawali dengan munculnya liken dan berkembang menjadi tumbuhan-tumbuhan berbatang dan pohon-pohon besar.

Suksesi sekunder (sumber:wikipedia.com)

 

Suksesi sekunder itu sebelumnya sudah ada kehidupan, namun hilang karena gangguan dengan skala yang lebih kecil yang tidak menghilangkan semua kehidupan dan nutrisi dari lingkungan. Contohnya adalah hutan yang terbakar baik disengaja oleh manusia ataupun karena peristiwa alam. Suksesi sekunder, lebih adaptif terhadap kehidupan sekarang.

Alam ini biasa berubah karena mencari kondisi yang terbaik.

Di dalam suksesi ada beberapa hal yang menyebabkan suatu organisme eksis di dalam ekosistem:

  1. Adaptasi
  2. Seleksi
  3. Kompetisi

Sesungguhnya makhluk hidup itu selalu berkompetisi, baik tumbuhan, hewan dan manusia.

Suksesi terus terjadi hingga mencapai titik keseimbangan (titik klimaks).

 

Suksesi pada akhirnya akan sampai pada titik klimaks. Suksesi sudah mencapai klimaks jika relung dalam ekosistem tersebut telah terisi penuh, sehingga tidak memungkinkan lagi makhluk hidup lain masuk kedalamnya

 

2 thoughts on “Catatan: Suksesi

Leave a comment