Anime Man Jadda Wa Jadda

Bukan yang berbakat yang akan berhasil, tetapi yang paling mampu bertahan dan terus berusaha untuk mengembangkan diri.

Beberapa hari ini, saya mengisi waktu luang dengan menonton film. Anime menjadi salah satu pilihan jenis film yang ditonton. Ada dua anime yang saya tonton yaitu Haikyuu dan Yowamushi Pedal.

Dua anime tersebut menampilkan drama siswa SMA yang mengikuti klub/ekstrakurikuler olahraga di sekolahnya. Bukan sekedar mengikuti ekskul tetapi berprestasi melalui ekskul. Bukan hanya kompetisi dalam satu sekolah, kecamatan atau provinsi, tetapi secara nasional.

Sebuah kebanggan jika sebuah ekskul di SMA mampu menjuarai tingkat nasional. Persaingan yang kuat dan ketat melatih tim dan setiap individu untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Tokoh utama dalam anime tersebut, bukan hanya yang berbakat dan hebat melainkan ada tokoh yang belum hebat namun memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuannya untuk menjadi lebih baik.

Sakamichi Onoda di Yowamushi Pedal dan Shoyo Hinata di Haikyuu merupakan tokoh yang punya potensi dan terus berusaha mengembangkan kemampuannya. Sikap pantang menyerah, tekad yang kuat untuk menggapai impian dan latihan yang intens menjadi kekuatan dari kedua tokoh utama tersebut.

Memang sikap-sikap seperti itu selalu ditampilkan di setiap anime bergenre olahraga. Hal ini yang saya sukai dari menonton anime genre olahraga karena bukan hanya menghibur tetapi memotivasi diri untuk terus berusaha.

Tidak ada yang tidak bisa jika mau berusaha. Bisa karena terbiasa. Siapa yang mau berusaha maka ia yang akan berhasil menggapai. Man Jadda wa Jadda.

Leave a comment