Tips Menghilangkan 5L Berkepanjangan

Letih, lemah, lesu, loyo, dan letoy (5L) sering ada dalam diri manusia. Namun apa penyebabnya?

Jika olahraga sudah dilakukan tiga kali seminggu, mengatur pola makan sudah dilakukan namun kita masih merasa 5L. Maka kita harus menanyakan jiwa kita? Mungkin kita belum memperhatikan jiwa kita. Kita hanya memperhatikan raga kita dan fikiran kita namun jiwa terabaikan.

Memperhatikan jiwa menjadi hal yang penting bagi manusia. Ada orang sehat, pintar secara fisik namun beberapa hari kemudian ada berita dia bunuh diri. Maka apa yang terganggu? Yang terganggu adalah jiwanya.

Ada beberapa hal mengapa kita merasa 5L jika diambil dari segi kejiwaan. Pertama adalah karena kita menjauh dari Allah. Ibadah wajib yang harus dilakukan sebagai orang yang beragama kita tinggalkan. Ibadah sunnah sebagai bentuk rasa syukur kita terhadapNya kita tinggalkan. Ini hal pertama mengapa kita menjadi 5L.

Kedua adalah menjauh dari orang-orang baik. Kita asik sendiri didalam kesendirian atau asik berkumpul dengan orang-orang yang berperangai buruk. Ini mempengaruhi kejiwaan kita sebagai manusia.

Ketiga adalah asik dengan keburukan. Ketika manusia tidak mengajak dirinya untuk bergerak dalam kebaikan, maka manusia akan terajak oleh setan kearah keburukan. Ketika manusia asik dengan keburukan maka dia akan merasa 5L untuk melakukan kebaikan.

Tiga hal ini didapatkan dari pengalaman dan pengamatan kehidupan yang saya lakukan. Apakah ada yang merasakan seperti ini? Jika ada, maka kita harus berubah.

Ada tiga hal pula yang harus dilakukan jika kita merasakan hal tersebut. Pertama, dekatkan diri dengan Allah. Lakukan ibadah wajib dan sunnah sebagai sarananya. Kedua, bersilaturahim dengan orang-orang baik. Memperbaiki hubungan dengan keluaraga dan minta doa darinya agar selalu berada di jalan kebaikan. Ketiga, putar arah aktivitas kehidupan kita. Putar kearah kebaikan dan beri energi serta kekuatan untuk berada diarah tersebut. Ketika kita tidak berusaha menjaga diri kita diarah kebaikan, maka keburukan yang akan kita lakukan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s