REVIEW FILM: SNOWPIERCER

Jika saya mengingat film 2012, film snowpierce agak mirip dengan film 2012. Menyelamatkan kehidupan manusia dengan menaiki sebuah alat. Jika di film 2012 menaiki kapal, di film snowpiecer menaiki kereta.

Film snowpiercer, film yang membuat penonton merasa serius, tegang, tertawa, sedih, terharu, dan terus berpikir (sumber gambar: forbes.com)

 

Atas: Kereta di film Snowpiercer. Bawah: Kapal di film 2012. sumber gambar: rbman.societycom dan movie.wikia.com
Atas: Kereta di film Snowpiercer. Bawah: Kapal di film 2012. sumber gambar: rbman.society.com dan movie.wikia.com

 

Kereta yang mampu berjalan terus menerus tanpa henti. Dibuat oleh seorang yang bernama Wilford. Dia ingin menciptakan ekosistem tertutup yang seimbang di dalam kereta. Karena saat itu bumi sedang berada dalam cuaca ekstrem. Kehidupan telah mati, hanya orang-orang di kereta yang masih bertahan hidup.

Film ini mampu membuat orang serius, namun tak berapa lama anda akan dibuat tertawa. Kemudian tegang dan kembali tertawa. Atau anda akan merasa sedih dan terharu. Kemudian anda akan dibuat berpikir dibalik teka-teki yang ada difilm ini. Perasaan anda akan dibawa arus film yang mampu membolak-balikkan suasana hati penontonnya.

Ada pesan-pesan yang dapat saya tangkap dalam film ini. Manusia dapat mendewakan dan menuhankan apa saja, ketika seseuatu itu mampu membuat kehidupannya menjadi lebih baik. Wilford orang yang misterius mempersepsikan mesin kereta adalah penolong kehidupan manusia. Penghuni kereta menyebutnya “mesin suci”.

Wilford si pembuat kereta (sumber: frontroefeatures.com).

 

Bahkan pendidikan di sekolah yang terdapat pada salah satu gerbong kereta mengajarkan mesin adalah dewa penolongnya. Tanpa mesin manusia tidak akan bisa hidup.

Suasana sekolah di gerbong kereta (sumber: missdenglishclasss.wordpress.com)

 

Disisi lain para kaum miskin yang tertindas yang hidup digerbong paling belakang, mencoba mengadakan revolusi didalam kereta untuk menguasai mesin itu. Jika mereka berhasil menguasai mesin, maka mereka akan menguasai dunia, yang dipimpin oleh Curtis.

Suasana pemberontakan di dalam kereta yang dipimpin oleh Curtis (sumber: espngrantland.wordpress.com)

 

Disini Wilford telah berhasil mencuci otak manusia bahwa “Mesin adalah Tuhan”
Wilford sang pembuat kereta ingin menciptakan ekosistem yang seimbang di dalam kereta. Jika ada suatu hal yang menganggu keseimbangan ekosistem, maka dia bisa melakukan hal ekstrem untuk membuat ekosistem tetap seimbang. Dia menganggap bahwa manusia mampu menciptakan ekosistem yang seimbang. Jika kehidupan belum seimbang, maka kita harus membuatnya seimbang.

Namun ternyata diakhir film ini apa yang dianggap Wilford dan kebanyakan penghuni kereta itu salah. Mesin tidak mampu terus menerus berjalan otomatis, akhirnya harus ada orang yang menggerakkan kereta itu secara manual. Dan yang membuat terkejut, yang menggerakkan kereta canggih ini adalah anak umur lima tahun yang diambil paksa di gerbong paling belakang. Namun itu tak berlangsung lama, karena Curtis mencoba menolong anak itu.

Anak yang menggerekkan kereta secara manual. (sumber:imgur.com)

 

Ekosistem kereta yang dianggap sudah seimbang akhirnya hancur, akibat perbuatan para penghuni kereta itu sendiri. Kehancuran ini menyisakan seorang cenayang dan anak umur lima tahun yang bebas menghirup udara bebas diluar kereta. Namun dibalik kesesatan Wilford, ada sebuah perkatan yang bisa diambil. “Jika dunia tanpa pemimpin, mereka akan melahap semuanya”

campuran
Di dalam kereta ada banyak tanaman dan ada sea world nya (sumber:youtube.com dan cinefex.com)

 

Ini merupakan film yang amazing dan belum pernah terpikirkan akan ada ide segila ini mengenai masa depan. Bong Joon-ho mampu meramu film ini dengan baik. Film fiksi action thriller yang mengandung unsur science didalamnya. Saya merekomendasikan anda bagi yang belum menonton film ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s