Mengapa sel berukuran kecil ?

Jawaban:

Ukuran sel berkaitan dengan fungsi sel tersebut  dan organel-organel sel yang melakukan proses metabolisme.

Agar dapat hidup secara normal, sel harus berukuran kecil. Mengapa sel tidak berukuran besar saja? Jawabannya menyangkut perbandingan luas permukaan dengan volume.

Sebagai ilustrasi, saya akan menampilkan tiga buah kubus yang diandaikan sebagai sel.

 

kaenapa sel kecil?

 

(a) Pada kubus (sel) yang pertama, mempunyai rusuk dengan ukuran 1 satuan. Bila kita hitung luas permukaan selnya, maka akan didapatkan hasil 6 satuan persegi dan  bila kita hitung volumenya  maka akan didapatkan hasil 1 satuan kubik. Kemudian rasio luas permukaan terhadap volume adalah 6.

(b) Pada sel kedua, ukuran sel meningkat menjadi 5 satuan pada setiap rusuknya. Didapatkan hasil luas permukaannya yaitu 150 satuan persegi dan volumenya 125 satuan kubik. Rasio luas permukaan terhadap volume lebih kecil dari pada sel yang pertama. Maka proses metabolisme akan menjadi lebih lamban dan kesulitan untuk menerima nutrisi serta pembuangan zat yang tidak berguna, karena jarak sebagian besar sitoplasama dengan membran luar relatif jauh.

(c) Pada sel ketiga, sel besar (yang mempunyai panjang rusuk 5 satuan) dibagi menjadi banyak sel kecil(masing-masing rusuk 1 satuan), maka akan didapatkan rasio luas permukaan terhadap volume  yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sel dan pembuangan zat yang tidak berguna, karena didalam sel pasti akan ada pengecilan jarak antara organel-organel sel yang akan mempercepat proses pemenuhan nutrisi sel dan pembuangan zat yang tidak berguna.

Dengan demikian, sel kecil mempunyai rasio luas permukaan dan volume yang lebih besar dari pada sel besar. Kemudian  sel yang lebih kecil akan bekerja lebih efektif didalam jaringan dari pada sel yang besar.

Selain itu, ada juga faktor lain yang dapat diperoleh dari sel berukuran kecil. Semakin kecil volume suatu benda, semakin kecil pengaruh daya tarik bumi atas benda itu sehingga tidak menjadi masalah apakah sel tersebut berdiri dengan “kepala” di atas, atau bergantung sehingga “kepala” nya dibawah atau berbaring. Dengan demikian, bagaimanapun posisisnya, sel tersebut akan tetap dapat berfungsi dengan normal.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil mengapa sel itu berukuran kecil yaitu:

  • Dengan sel yang kecil, rasio(perbandingan) luas permukaan terhadap volume lebih besar dari pada sel yang besar.
  • Dengan besarnya rasio luas permukaan terhadap volume, pemenuhan kebutuhan nutrisi sel dan pembuangan zat yang tidak berguna akan lebih cepat. ( sel yang berukuran kecil akan bekerja lebih efektif didalam jaringan dibandingkan dengan sel besar)
  • Dengan ukuran sel yang kecil, sel tidak akan terpengaruh dengan daya tarik bumi dan itu akan mempermudah kerja sel.

Referensi :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s